cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jpfunimed@unimed.ac.id
Editorial Address
Jurnal Pendidikan Fisika, Publications Unit, The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan, Jl. Williem Iskandar, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 2252732X     EISSN : 23017651     DOI : 10.22611/jpf
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2021)" : 10 Documents clear
PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN SISTEM BELAJAR SHIFT DI SMA Restika Octapiani; Desy Hanisa Putri; Andik Purwanto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.29181

Abstract

Model kooperatif NHT merupakan jenis pembelajaran kelompok yang dapat mempengaruhi bagaimana siswa berinteraksi di dalam kelas. Proses pembelajaran di masa new normal covid-19 dilakukan secara tatap muka terbatas dengan sistem belajar shift. Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif NHT pada pembelajaran fisika dengan sistem belajar shift. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lahat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Populasi penelitian terdiri atas 178 orang siswa yang berasal dari kelas XI MIPA. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian yaitu purposive sampling. Persamaan Slovin dengan tingkat keyakinan 90% dan kesalahan 10% digunakan untuk mencari jumlah sampel siswa. Jumlah sampel dengan perhitungan menggunakan persamaan Slovin berjumlah 65 orang siswa. Instrumen penelitian yaitu angket berisi 26 pernyataan. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan software IBM SPSS 25 dengan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data pada penelitian didapatkan kesimpulan bahwa persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran fisika dengan sistem belajar shift berada pada kategori sangat positif.
PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF HUKUM NEWTON BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS DI SMA Diana Anjar Wati; Lukman Hakim; Linda Lia
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.26567

Abstract

Pembelajaran secara daring pada masa pandemi COVID-19 mengharuskan peserta didik belajar dari rumah sehingga diperlukan penyajian bahan ajar berupa LKPD yang interaktif agar kegiatan ilmiah tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD interaktif Hukum Newton berbasis mobile learning menggunakan live worksheets di SMA yang valid, praktis dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian pengembangan menggunakan model penelitian Rowntree. Model penelitian Rowntree memiliki tiga tahapan yaitu: perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Bina Jaya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa e-LKPD interaktif Hukum Newton berbasis mobile learning menggunakan live worksheets di SMA dinyatakan valid, praktis dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar pada ranah kognitif (n-gain 0,58 pada tingkat sedang) dan motivasi belajar (rata-rata 49,8 pada tingkat sedang), sehingga layak digunakan pada proses pembelajaran.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP HARMONIK SEDERHANA MELALUI VIRTUAL LABORATORY BERBASIS VBA EXCEL PADA MAHASISWA Muhammad Akbar; Adeline Silaban
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.27744

Abstract

Tes kognitif yang mengandung kemampuan pemahaman konsep, mahasiswa mengalami nilai-nilai rendah yang dikarenakan buku ajar atau diktat fisika hanya berisi berbagai persamaan fisis tanpa bisa memberi contoh secara visual sehingga   mahasiswa dapat memahami penjabaran suatu persamaan fisis dan dapat  memvisulisasikan suatu persamaan sehingga persamaan tersebut mudah dimengerti dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Munculnya permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep harmonik sederhana melalui virtual laboratory berbasis VBA Excel pada mahasiswa program studi pendidikan Fisika.. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif.  Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2018-2021 bertempat di FKIP Universitas Cenderawasih. pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling secara utuh satu kelas sehingga terpilihlah kelas angkatan 2019 berjumlah 24 orang.  Data yang dihasilkan menggunakan tes pemahaman konsep mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep diperoleh nilai postes lebih tinggi dibanding nilai pretes dan rata-rata peningkatan pemahaman konsep mahasiswa berada pada kategori sedang.
META ANALISIS PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Adhe Marlina Antoni; Febryan Hidayat; Husnul Khatimah
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.29361

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk lebih berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Untuk menunjang kemampuan berpikir kritis siswa sering kali bermasalah dengan model pembelajaran yang diterapkan guru selama proses pembelajaran, untuk itu untuk menunjang kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Salah satu model pembelajaran yang dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan perhitungan effcet size. Berdasarkan penelitian meta analisis yang sudah dilakukan diadaptkan bahwa materi pembelajaran yang efektif dengan model pembelajaran ini yaitu materi usaha dan energi, dengan bantuan media yang paling efektif dugunakan yaitu vidio pada tingakatan SMA kelas X.
TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TCK) ANALYSIS IN ONLINE LEARNING ASSISTED BY C-MAP TOOLS ON STATIC ELECTRICITY Tsabitamia Irba; Nurita Apridiana Lestari
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.28515

Abstract

The aims of the study were to determine students' abilities about Technological Content Knowledge (TCK) assisted by C-Map Tools on static electricity material. The method in this research uses assignments and filling out questionnaires. The sample used in this research is class XII IPA 1. Data were collected by average score of student response questionnaire and average of students six group for rubric assessment C-Map Tools by Suprapto, 2018. Data analysis using descriptive analysis with the average score of the student response questionnaire and the average score rubric assessment C-Map Tools. Students' abilities regarding TCK were obtained from the results of student response questionnaires which contained 3 aspects, namely display, material, and advantage. The average in these three aspects is 77.4%. Students’ skill to make concept mapping in the topic of static electricity through C-Map Tools application achieved with a 75.08% of 100% with a good category. Students are able to connect concepts to one another by using the C-Map Tools application. There is also a limitation in this research, that many students did not include focus questions on their c-map tools.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK PRAKTIKUM FISIKA UMUM PADA MAHASISWA FMIPA UNIMED SAAT PANDEMIC COVID-19 Fauziyah Harahap; Irham Ramadhani; Budiman Nasution
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.29107

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk melihat efektivitas penggunaan laboratorium virtual untuk praktikum fisika umum di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Untuk melihat tingkat efektivitas penggunaan laboraotrium virtual digunakan metode deskriptif dengan menerapkan pendekatan kuesioner (angket). Laboratorium Virtual mempermudah mahasiswa untuk melakukan praktikum fisika umum selama pembelajaran online. Media laboratorium virtual untuk praktikum fisika umum cukup efektiv. Kondisi ini dapat dilihat dari tanggapan responden terhadap video praktikum dan efektivitas penggunaan laboratorium virtual yang digunakan pada praktikum fisika umum. Hasil ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian selanjutnya dan menjadi rujukan untuk perbaikan. Sehingga laboratorium virtual fisika umum dapat dipergunakan pada pembelajaran online dan tatap muka (blended learning).
MODUL FISIKA MATEMATIKA BERORIENTASI SELF REGULATED LEARNING: DESAIN, DAN VALIDITAS Dewi Hikmah Marisda; Rahmawati R; Ma'ruf M; Andi Nur Samsi
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.29067

Abstract

Belum adanya modul Fisika Matematika (FISMAT) yang sesuai dengan karakteristik capaian pembelajaran Fisika Matematika untuk mahasiswa Pendidikan Fisika menjadi fokus perhatian dalam penelitian pengembangan. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan modul Fisika Matematika berorientasi Self Regulated Learning. Modul ini diperuntukkan khusus untuk mahasiswa Pendidikan Fisika sebagai bekal dalam mempelajari mata kuliah Fisika lanjut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengikuti langkah-langkah pengembangan Thiagarajan, kecuali tahap Disseminate. Prosedur penelitian meliputi beberapa tahapan yaitu tahap Define, Design, dan Development. Berdasarkan hasil validasi produk oleh dua orang pakar (ahli) diperoleh kesimpulan bahwa modul Fisika Matematika materi Matriks dan Sistem Persamaan Linear berorientasi Self Regulated Learning dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Untuk mengurangi penggunaan kertas dan penyesuaian pada pembelajaran daring (online) direkomendasikan modul FISMAT ini dikembangkan lagi dalam bentuk Hypercontent sehingga lebih memudahkan mahasiswa untuk mengakses dan menggunakannya pada smartphone.
APLIKASI ZOOM MEETING CLOUD SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI MASA PANDEMI COVID-19 Yuna Sutria; Rajo Hasim Lubis
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.13990

Abstract

Covid-19 merupakan ancaman yang sangat serius dalam keberlangsungan hidup masyarakat di seluruh dunia dan berbagai bidang aktivitas kehidupan terpaksa merubah sistem dari yang seharusnya offline menjadi online agar tetap berjalan lancar, salah satunya di bidang Pendidikan. PJJ memang pilihan yang tepat pada masa pandemi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas aplikasi zoom meeting cloud terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dan mengetahui respon mahasiswa dalam pengguaan aplikasi zoom meeting cloud terhadap perkuliahan. Penelitian dilaksanakan di Politeknik Adiguna Maritim Indonesia dengan sampel kelas 25 mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum yang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan instrumen respon tanggapan siswa berbentuk angket dan insturmen pemahaman konsep berbentuk essay. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian yakni Zoom Cloud Meeting cukup efektif digunakan sebagai media alternatif pembelajaran daring pada materi Listrik Dinamis khususnya selama pandemi covid-19 dan respon mahasiswa sangat puas selama menggunakan Zoom Cloud Meeting sebagai alternatif media pembelajaran daring
PEMANFAATAN PHET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Shofi Nurul Insani; Andik Purwanto; Eko Risdianto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.29178

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan lebih banyak tantangan bagi dunia pendidikan untuk menghadapi tantangan pendidikan dimasa pandemi COVID-19, pemilihan media yang tepat untuk kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan, diantaranya adalah PhET, yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran fisika berbasis STEM  untuk membantu menghadapi tantangan pendidikan dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan untuk melihat keefektifan pemanfaatan PhET sebagai media pembelajaran fisika berbasis STEM untuk menghadapi tantangan pendidikan pada masa pandemi COVID-19. Metode kuasi-eksperimen diterapkan dalam penelitian ini, dan desain yang dipakai adalah desain control group pretest and posttest design, dan teknik random cluster sampling sebagai teknik pengambilan sampel dan diperoleh sampel sejumlah 64 orang. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest dan posttest sebanyak 15 soal dengan tipe pilihan ganda. Setelah data dianalisis dengan uji independent sample t-test didapatkan hasil bawasannya terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan PhET sebagai media pembelajaran fisika berbasis STEM untuk menghadapi tantangan pendidikan pada masa pandemi COVID-19.
ANALISIS KETERCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI LKPD BERBASIS SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO CASE PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM jurubahasa sinuraya; lilis umayak
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpf.v10i2.14100

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis ketercapaian keterampilan proses sains siswa melalui LKPD berbasis saintifik menggunakan media video case pada materi m. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah kelas X MIA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan kelas X MIA 4. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan proses sains. Teknik analisis data menggunakan persamaan N-gain ternormalisasi untuk mengetahui ketercapaian keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian ketercapaian keterampilan proses sains siswa melalui LKPD berbasis saintifik menggunakan media video case pada materi momentum dengan rata-rata persentase penguasaan KPS pada LKPD adalah 78.9 %. LKPD yang digunakan cukup efektif untuk meningkatkan penguasaan keterampilan proses sains siswa yang ditandai dengan nilai rata-rata N- Gain ternornalisasi yaitu sebersar 0.54 yang memiliki kriteria sedang

Page 1 of 1 | Total Record : 10